Berjaya di Asian Games, Berikut Manfaat Pencak Silat Bagi Kesehatan

Membanggakan! Atlet Indonesia dari Cabang Olahraga Pencak Silat menyapu bersih medali emas di Asian Games 2018. Cabang olahraga yang dinaungi oleh Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Presoden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) berhasil menyabet 8 medali emas yang diperebutkan di cabang olahraga pencak silat regu putra Asian Games. 


Pencak Silat merupakan seni bela diri yang memadukan tarian dan kesigapan gerakan. Pencak sendiri adalah permainan tari atas dasar kesigapan langkah yang memiliki berbagai macam gerakan bunga. Sedangkan silat adalah bela diri yang memiliki ciri kecepatan dan kesigapan gerakan dalam menangkis serangan-serangan tiba-tiba. 


Seni bela diri pencak silat merupakan salah satu olahraga kompetitif yang sangat digemari oleh kaum muda. Selain memberikan kebugaran fisik karena melibatkan gerakan dari seluruh tubuh, pencak silat juga mengajarkan apa itu kerja keras dan disiplin. Karena untuk meraih sabuk hitam butuh perjuangan yang keras dan tidak main-main.


Nah, apa saja manfaat yang kita peroleh dari melakukan olahraga pencak silat? Berikut ulasannya.
 


1. Berlatih Pencak Silat dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Tahan Tubuh Anda.


Tubuh Anda akan semakin bugar karena Anda senantiasa menggerakkan seluruh tubuh saat latihan. Otot-otot yang terbiasa bergerak sangat bagus untuk daya tahan tubuh.

Pencak silat memiliki seni bela diri hasil dari latihan aerobik yang menggunakan seluruh otot dalam tubuh. Sehingga melakukan bela diri pencak silat dapat menjaga stamina, melatih fleksibilitas, melatih keseimbangan dan menambah kekuatan. 


 

2. Gerakan yang Cepat Dalam Pencak silat dapat melancarkan sirkulasi darah.


Gerakan-gerakan tertentu yang menggunakan kecepatan memacu jantung dan paru-paru sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Seni bela diri pencak silat adalah kegiatan yang menekankan fungsi jantung sehingga dapat meningkatkan status dari sistem kardiovaskuler. Jadi pencak silat sangat bagus bagi kesehatan jantung.


3. Sering merasa tidak PD? Dengan mengikuti Pencak Silat Anda dapat meningkatkan rasa percaya dan melatih mental.


Dalam olahraga pencak silat diajarkan untuk melatih ketahanan mental. Pencak silat juga mengajarkan untuk membangun jiwa ksatria, selalu bersikap waspada, teliti dan ulet. Seni bela diri mendorong para pendekar atau atlet untuk menetapkan tujuan dan menghormati nilai-nilai yang berlaku. Manfaatnya adalah Anda akan merasa lebih nyaman dalam setiap situasi. 


4. Punya pola makan yang bermasalah? Tidak ada salahnya ikut berlatih pencak silat sebagai langkah awal membiasakan gaya hidup sehat.  

Pencak silat menggunakan gerakan dari seluruh tubuh. Alhasil akan membakar setidaknya 500 kalori dalam 1 jam sesi latihan. Karena pembakaran kalori tersebut, Anda akan merasa membutuhkan makanan
sehat yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu pencak silat dapat menambah massa otot. Cocok bagi Anda yang merasa kegemukan hehe. 


5. Pencak Silat adalah tempat menyalurkan kekuatan fisik dengan cara yang bermoral.

Seni bela diri pencak silat mengajarlan kebiksanaan dan lebih menekankan untuk menghargai perasaan dan keputusan orang lain dibanding mendahulukan ego diri sendiri. Setelah latihan yang konsisten dan benar, Anda akan merasa lebih bijaksana dari sebelumnya.